Wednesday, January 21, 2015

======== Mahasiswa Sebagai Pahlawan Devisa ========



Tugas dan Tanggung jawab Mahasiswa dan Peran dalam Pengembangan Entrepeneurship

              
Mahasiswa adalah bagian penting bagi negara dan bangsa, banyak yang mengatakan mahasiswa adalah agent of change, penggerak perubahan, dan lain sebagainya yang berarti bahwa mahasiswa adalah agen perubahan yang mampu menggerakkan dan memberikan sebuah konsep baru untuk terciptanya masa depan yang lebih baik. Terbukti mahasiswa adalah salah satu agen yang membantu dalam perjuangan dari keterpurkan era sebelum reformasi. Itu semua tidak luput dari tugas-tugas mahasiswa dalam hal bisnis maupun entrepreneurship, yaitu mahasiswa mempunyai banyak andil dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship. Bagaimana tidak, mahasiswa selalu yang pertama untuk terjun jika negeri ini dilanda krisis devisa maupun krisis keuangan, seperti yang terjadi krisis moneter (krismon) tahun 1998, mahasiswa bisa dikatakan menjadi “penyelamat” negeri ini karena saat itu mahasiswa membuktikan eksistensinya untuk turun ke jalan dan mahasiswa sadar bahwa negeri ini harus benar-benar dibenahi melalui “Reformasi” karena jika tidak maka bangsa ini akan mengalami krisis keuangan besar-besaran. Itu adalah salah satu wujud contoh tanggung jawab, peran, dan andil mahasiswa dalam hal tugas dan tanggung jawab mahasiswa bidang ekonomi dan devisa negara.



Lalu masalah negara di bidang ekonomi yang kedua adalah banyak terjadi pengangguran yang ada di Indonesia dan itu merupakan masalah yang di hadapi oleh pemerintah. Terbukti terus meningkatnya pengangguran tiap tahunnya. Itu semua disebabkan karena sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada di lingkungan masyarakat. Semakin tingginya tingkat pengangguran itu merefleksikan bahwa suatu bangsa belum mencapai kesejahteraannya. Tugas mahasiswa adalah sebagai “penjembatan intelektual” yang di dalam strategi bisnis dan alternative pemecahan masalah yang terjadi di lapisan masyarakat menuju perubahan dan perkembangan yang lebih baik. Mahasiswa memiliki tanggung jawab social untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang baik serta membuat lapangan kerja dan inovasi-inovasi baru yang bermakna. Setiap mahasiswa pasti memiliki peluang dalam bisnis sebagai pencetus gagasan, ide, atau pemikiran serta teknologi baru untuk menciptakan meningkatkan peluang bisnis bagi masyarakat di sekitar lingkungannya. Juga mahasiswa diharapkan dapat menjadi seorang Entrepreneur untuk berperan menjadi pencipta lapangan kerja bagi masyarakat .


Perbandingan Gaya Bisnis Tradisional vs Online






Perbandingan Model bisnis tradisional dapat dibedakan menurut bentuk, ukuran, tingkat, modernitasnya dan lain-lain. Sehingga nantinya akan ditemukan bermacam jenis bisnis tradisional. Model bisnis tradisional adalah bentuk transaksi jual beli yang terjadi secara langsung ada transaksi penjual dan pembeli secara langsung. Tetapi untuk model bisnis online merupakan konsep baru yang baru dapat digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada website,forum maupun di dalam  internet itu sendiri, atau proses jual beli atau pertukaran produk jasa dan informasi melaluii jaringan informasi termasuk juga internet . Perbandingan model bisnis online dan tradisional





  • Model bisnis tradisional :

a.       Sulitnya melakukan promosi terhadap masyarakat dan akses pasar yang terbatas, karena keterbatasan tempat dan waktu.
b.      Proses transaksi harus dilakukan secara face to face atau sering di sebut COD ( cash on delivery) artinya dimana antara penjual dan pembeli harus melakukan transaksi kontak secara langsung untuk menawarkan bisnis maupun menerima penawaran bisnis.
c.       Kurangnya harga dan sifat kompetitif
d.      Data-data dan dokumen harus dicatat dalam bentuk kertas
e.       Membutuhkan biaya yang tinggi karena harus membangun lokasi untuk melakukan proses transaksi jual dan beli itu juga belum termasuk biaya pajak yang tinggi.
f.        Prosedur standart yang masih dilakukan secara manual
g.      Membutuhkan tenaga pekerja yang banyak dan dapat membuka lapangan pekerjaan
h.      Membutuhkan lokasi yang terbangun secara real artinya fisiknya harus ada dan jelas


  • Model bisnis online :
a.      Bersifat text online atau paperless yang berarti tidak membutuhkan kertas dokumen yang banyak .
b.      Bisa bersifat maya yang artinya dilakukan melalui internet secara online .
c.       Dalam proses transaksi jual beli bisa dilakukan secara kapan saja dan dimana saja .
d.      Akses untuk bertransaksi menuju pasar lebih mudah .
e.      Negosisasi dan tawar menawar bersifat standar .
f.       Alur informasi yang disediakan transparan dan jelas .
g.      Penilaian yang mendekati independent .

Jika kita bandingkan model bisnis online dengan model bisnis tradisional memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari sisi bisnis akan lebih menguntungkan dilakukan dengan cara bisnis secara online karena lebih mudah dan tidak memubutuhkan waktu dan tempat yang khusus sehingga dari sisi biaya lebih murah namun dari sisi transaksi tidak bisa mempromosikan barangnya secara langsung. Sedangkan model bisnis tradisional harus membutuhkan waktu dan tempat yang khusus dalam melakukan bisnis sehingga membutuhkan biaya yang lumayan tidak murah.

Bagian Implementasi e-Business yang pas dan tepat Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa e-Business merupakan pengunaan teknologi internet maupun online untuk dapat melakukan perubahan proses bisnis dan untuk meningkatkan keuntungan dan produksivitas dari bisnis yang mereka kembangkan. Mengikuti perkembangan teknologi ternyata bisnis secara merambat terus bergerak cepat melalui online dan dalam beberapa tahun terkahir dengan istilah internet marketing, e-commerce atau online marketing, bisa saja tidak mempunyai bisnis sendiri maka mahasiswa bisa mengikuti program affiliatif ( ikut membantu memasarkan produk orang lain demi mendapatkan komisi atau yang biasa sering disebut reseller dalam istilah forum jual beli online). Penggunaan e-Business sebenarnya adalah peluang yang baik dan efisien bagi pengusaha kecil maupun menengah.

Oleh karena semua itu mahasiswa dapat juga memanfaatkan internet untuk membangun dan mengerjakan situsnya yang memuat attached informasi baik berupa profile tentang usaha yang dikelolanya, contoh penjualan secara online, promosi tentang suatu jasa atau produk yang ia kelola dan lain sebagainya. Dalam pengimplementasi E-business yang tepat dan benar, para mahasiswa dituntut membangun suatu inovasi – inovasi yang menarik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan pemahaman tentang bagian pasar, sehingga usaha yang dibangun dapat bersaing di dunia bisnis. Jika segmen pasar sudah dipahami maka mahasiswa akan segera dapat menentukan dan melakukan pilihan bisnis apa yang sesuai di lingkungannya atau bisnis apa yang sesuai dan pas dengan minat mahasiswa tersebut sedangkan dalam hal penyebaran dan pemasaran hasil dari usaha yang dikelolanya dapat menggunakan penerapan E-business. Pengimplementasi E-business yang tepat dan pas terhadap usaha yang dikelolanya akan meningkatkan perkembangan atau kemajuan usahanya dan kedepannya akan dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan baru.

Keuntungan E-business yang lain adalah dapat dibangun dan dikembangkan dengan feksibel dan cepat sehingga memberikan penyesuaian dengan perubahan - perubahan kebutuhan usaha, dan mampu melayani volume transaksi yang tinggi. Cara Mengimplementasikan e-Business yang tepat bagi mahasiswa adalah dengan membuat dan merancang aplikasi atau software penjualan berbasis web berbentuk “ took maya ” . Dengan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dan menyeluruh dengan web page akan memudahkan mahasiswa - mahasiswa melakukan kegiatan ekonomi bisnis. Pengunjung juga dapat dengan mudah melihat contoh produk yang akan ditampilkan pada halaman web yang disediakan kemudian dapat secara langsung dengan cepat melakukan transaksi jual beli. Dengan posting iklan atau advertisement pada web, konsumen dapat mengunjungi toko maya hanya dengan terkoneksi jaringan internet dan langsung dapat melakukan transaksi. Keuntungan membuka “ took maya “ ini antara lain :

a.      Dapat dilakukan di paruh waktu .
b.      Akses dapat digunakan 24 jam .
c.      Lebih murah untuk menyewa hosting dibandingkan dengan sewa ruko .
d.      Pelanggan yang bisa didapatkan dengan banyak dan luas .
e.      Aman dari segala bentuk pencurian .


Berikut daftar situs yang menggunakan metode implementasi e-Business :

a.       Kaskus (www.kaskus.co.id) (Indonesia)
b.      Toko Bagus (www.olx.co.id) (Indonesia)
c.       Berniaga (www.berniaga.com) (Indonesia)
d.      Lazada (www.lazada.co.id) (German)
e.      Amazon (www.amazon.com) (US)
f.        Ebay (www.ebay.com) (AS)
g.       Bhinneka (www.bhinneka.com) (Indonesia)






Global Advertising berasaskan Segmen


          Global advertising atau biasa disebut pemasaran global berasaskan segmen pasar adalah cara pemasaran atau penjualan produk secara menyeluruh atau global dengan cara memandang pasar secara inovatif dan kreatif untuk mengidentifikasi pelang apa saja yang ada di jalur bisnis ekonomi. Segmen pasar sangat dibutuhkan dan penting untuk dipahami dan dimengerti oleh entrepreneur muda untuk menentukan dan mengantisipasi peluang bisnis yang ingin dibangunnya .

Beberapa manfaat yang dapat diambil jika memahami pemakaian sistem segmentasi pasar, berikut penjelasannya :

  ·     Para pengusaha dapat mendeteksi lebih awal dan tepat tentang kecenderungan – kecenderungan dalam pasar yang bersifat dinamis
  ·    Keuntungan yang ke dua adalah dapat menentukan advertisement atau periklanan yang paling efektif
  ·    Keuntungan yang ke tiga adalah dapat mendesain produk yang benar – benar cocok dan sesuai dengan permintaan pasar.
  ·    Keuntungan yang ke empat adalah dapat mengarahkan dana promosi yang ada melalui jalur media yang pas bagi segmen yang diperkirakan menghasilkan untung yang lebih besar.
  ·    Keuntungan yang terakhir adalah untuk mengukur dan  menimbang usaha promosi sesuai dengan masa tau periode – periode dimana reaksi pasar lumayan besar.

            Menurut hal diatas untuk memiliki atau menentukan peluang, maka para entrepreneur seharusnya mempelajari dan memahami tingkat persaingan bisnis, kondisi atau situasi letak lokasi, pemikiran masyarakat, dan tingkat ekonomi suatu regional. Sehingga dapat menentukan dan memilih strategi kreatif apa dan bisnis apa yang harusnya dilakukan untuk memajukan dan membangun usahanya .

            Jadi kesimpulan yang bisa di ambil adalah sebagai mahasiswa yang sadar dan mempunyai tanggung jawab terhadap jiwa keuangan dalam hal ekonomi bisnis, kita harus paham dan mengerti apa saja objek sasaran dan sistem yang akan kita hadapi didalam persaingan bisnis agar dapat tercapainya bisnis yang sukses dan memperoleh hasil dari kerja keras keringat sendiri. Mahasiswa dalam bisnis juga dituntut tetap fokus dan disiplin dalam menjalankan bisnisnya, agar kedepannya bisnis yang dibangun mahasiswa dapat sesuai dengan apa yang diinginkan.

            Di akhir kalimat, penulis ingin memohon maaf yang sebesar – besar nya jika ada kata – kata yang kurang pas saat penulisan artikel yang dapat menyinggung atau membuat perasaan pembaca tidak enak. Dan saya sebagai penulis artikel berterimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, keluarga penulis yang selalu mendukung serta bantuan bimbingan dosen dalam mensukseskan artikel ini. Artikel ini saya buat untuk melengkapi tugas kuliah mata pelajaran “ Pengantar Teknologi Informasi, Teknik Informatika” . Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua dan memberi wawasan yang lebih bagi para pembaca. Amin ya rabbal alamin.

Artikel original ditulis oleh : Syauki Ramadhan

Referensi :







1 comment: